Sunday, January 24, 2016

LATIHAN PICKING



Pada lesson 3 ini saya coba membahas tentang "PICKING". Picking adalah bagian dari tehnik bermain gitar yaitu cara memetik senar menggunakan alat bantu bernama pick (plectrum).


Pick biasanya dipegang dengan cara diapit oleh ibu jari dan telunjuk. Pick (plectrum) biasanya terbuat dari plastik, nylon, karet bahkan ada juga yang terbuat dari lempengan besi (baja). penggunaan pick bagi pemula akan terasa amat kaku dan hal itu adalah hal yang wajar, oleh karena itu diperlukan latihan khusus untuk membiasakannya mengingat betapa pentingnya tehnik picking ini untuk menghasilkan suara dan permainan yang baik. Adapun cara memegang pick sbb : 




  • Cara memegang diatas merupakan cara yang umum digunakan masih banyak cara lainnya tergantung kebiasaan dan kenyamanan sang gitaris, hal inilah yang membuat setiap gitaris memiliki cara picking yang berbeda beda, tentukan cara yang nyaman bagi anda sendiri...

   Ada beberapa tehnik picking diantaranya :
  • UPSTROKE : memetik senar dari bawah keatas
  • DOWNSTROKE : memetik senar dari atas kebawah 
Symbol upstroke dan downstroke pada notasi atau tabulature di gambarkan dengan simbol




  • ALTERNATE PICKING : Adalah salah satu tehnik memetik senar dengan pola turun - naik (down - up) atau naik - turun (up - down) secara bergantian, contoh :









  • ECONOMIC PICKING : Sesuai dengan namanya economic picking adalah cara yang ekonomis dalam memetik senar, jadi tidak selalu terus menerus bergantian keatas dan kebawah memetiknya, tergantung kebutuhan, misalkan senar 1 kita petik DOWN..UP...kemudian pindah ke senar 2 kita petik UP lagi bukan down, karena kalau kita petik senar 2 dengan cara DOWN namanya alternate picking (DOWN,UP,DOWN,UP),bukan economic picking dan tidak ekonomis karena telah melewati senar 2 tanpa sekaligus memetiknya,contoh economic picking : 

  Jadi dapat dilihat perbedaannya antara alternate picking dengan economic picking sbb :

                                                
                                                   Ket. D = downstroke (picking kebawah)
                                                           U = upstroke (picking keatas)

  • CIRCLE PICKING :  Ada yang menyatakan circle picking sama dengan economic picking namun saya membedakan kalau circle picking memetik senar dengan cara sedikit memutar membentuk lingkaran elips hingga menghasilkan suara yang lebih halus.
  • SWEEP PICKING : Memetik dengan cara menyapu beberapa senar sekaligus secara bersamaan dari atas saja atau dari bawah saja biasanya digunakan dalam tehnik arpeggio.
  • TREMOLO PICKING : Sama seperti alternate picking namun biasanya dapat dibedakan ketika ada satu nada yang dipetik secara berulang - ulang dan cepat.
  • HARMONIC PICKING : Picking yang dimainkan untuk menghasilkan nada suara harmonic.
Sekian dulu pembahasan kita tentang picking sampai jumpa pada lesson tahap selanjutnya...





No comments:

Post a Comment