Saturday, January 23, 2016

MENGENAL KUNCI (CHORD) DASAR

Tahap selanjutnya adalah "MENGENAL CHORD DASAR". Sebelum kita mulai mempelajari bentuk chord kita pahami dulu apakah definisi chord itu...?
chord/akor/kunci disebut juga  harmony, yaitu apabila lebih dari dua nada dibunyikan serempak. Chord yang paling sederhana diberi nama Triad yang terdiri dari tiga nada, misal chord C merupakan gabungan tiga nada, yaitu C - E - G. Ketiga nada tersebut  terdiri dari susunan  third interval. Namun saya tidak ingin membahasnya lebih dalam sekarang mengenai third interval agar tidak memusingkan kita terutama bagi yang benar-benar baru ingin belajar gitar, insya ALLAH kita akan membahasnya nanti pada postingan-postingan selanjutnya mengenai teori dan istilah musik. Jadi mari kita langsung saja pelajari bentuknya dan lupakan dulu istilah-istilah tadi.


CHORD C

Isi chord terdiri dari 3 nada yaitu nada ke 1(C),3(E) dan 5(G) atau DO - MI - SOL  dalam tangga nada C Mayor. Sekedar untuk pemahaman saja, contoh dalam tangga nada  C mayor :

Tangga nada C mayor              C   -   d   -   E   -   f    -   G   -   a   -   b
Nama not                                   DO     re      MI     fa     SOL    la      si
Formula                                       1                 3                  5
Triad                                             C      -         E        -        G


  


CHORD Dm

Isi chord terdiri dari nada : 2(D),4(F),dan 6(A) atau RE - FA - LA .Hafalkan saja bentuknya dan latih cara memegangnya dlu, jangan hiraukan isinya chordnya agar tidak membingungkan anda, karena target dari halaman ini agar anda dapat mempraktekkan dan menggunakan chordnya sedangkan pemahaman akan dibahas pada postingan selanjutnya.



CHORD Em

Isi chord terdiri dari nada : 3(E),5(G),dan 7(B) atau MI - SOL - SI. Ayo coba dipraktekkan..pasti bisa !!



CHORD F

 Isi chord terdiri dari nada : 4(F),6(A) dan 1(F) atau FA - LA - DO. Chord yang satu ini memang agak sulit bagi pemula untuk memegangnya, karena jari telunjuk menekan 2 senar sekaligus, tapi kalau dilatih terus pasti bisa...tetap semangat !!.



CHORD G

 Isi chord terdiri dari nada : 5(G),7(B) dan 2(D) atau SOL - SI - RE.



CHORD Am

 Isi chord terdiri dari nada : 6(A),1(C) dan 3(E) atau LA - DO - MI.



CHORD Bdim


 Isi chord terdiri dari nada : 7(B),2(D) dan 4(F) atau SI - RE - FA.


Nah...dengan menguasai beberapa chord diatas saja anda sudah bisa memainkan banyak lagu tentunya dengan nada dasar C = DO,artinya kita bisa memainkan lagu mayor dimulai dengan kunci C(C mayor), karena pada umumnya lagu-lagu mayor menggunakan chord dasar tingkat I. Chord tingkat I dalam T.N C Mayor adalah chord C. Contoh :


      TINGKAT                    I         II         III         IV        V        VI       VII
      CHORD                     C       D         E        F         G        A         B
      May(+)/min(-)             +        -           -        +          +          -          -
  
Dan untuk lagu-lagu nada dasar minor umumnya menggunakan chord tingkat VI dalam hal ini chordnya adalah Am. Jadi untuk kita yang baru mulai belajar menghafal chord latih saja chord-chord diatas dan coba tuangkan dalam lagu. Perlu diingat sekali lagi, anda bisa memulai lagu bernada dasar mayor dimulai dengan chord (kunci) C, dan lagu minor dimulai dengan kunci (Am). Dan sebagai tambahan dibawah ini saya berikan tabel-tabel chord untuk perbendaharaan anda Selamat berlatih...semoga bermanfaat..!!!.







No comments:

Post a Comment