Monday, January 25, 2016

CARA STEM GITAR (TUNING)

Setelah kita mengenal nama - nama bagian dari gitar beserta fungsinya, kini saatnya kita coba menstem gitar (tuning). Hal ini sangat penting karena gitar yang sudah distem akan terdengar selaras bunyinya pada saat dimainkan dengan benar, sebaliknya orang yang mahir memainkan gitar bisa menghasilkan suara yang tidak enak (sumbang) lantaran gitarnya tidak stem (fals). Oleh karena itu bagi anda yang benar-benar pemula ingin belajar sendiri agar bisa bermain gitar, sebaiknya ikuti metode latihannya secara bertahap dan sabar tentunya, karena sabar adalah kunci keberhasilannya dalam hal apapun. Mari kawan-kawan kita mulai belajar menstem gitar...




Pada gambar diatas dijelaskan bahwa pada senar 1 yaitu senar yang letaknya paling bawah bernada E, senar 2 diatasnya lagi bernada B, senar 3 nadanya G, senar 4 nadanya D, senar 5 nadanya A, senar 6 nadanya low E...dan untuk mendapatkan nada yang standar seperti diatas, tentunya kita harus menyamakan dengan alat musik yang nadanya sudah standar seperti piano atau keyboard. Namun sekarang zaman sudah canggih hampir di setiap pedal efek gitar sudah terdapat fasilitas tuner, sehingga kita tidak perlu lagi repot menyamakan lagi dengan piano yang juga sangat membutuhkan ketajaman feeling kita dalam mendengar nada pada saat nyetem. Namun bagaimana jika kita tidak memiliki tuner apalagi keyboard atau piano pada saat ingin stem gitar ? jawabanya mau tidak mau kita harus tuning gitar kita secara manual alias menggunakan feeling walaupun cara ini agak sulit bagi kita untuk mendapatkan steman yang standar, tetapi dengan cara ini minimal kita dapat menyelaraskan suara gitar kita dan pastinya dapat melatih pendengaran kita. Adapun caranya sebagai berikut :
  1. Putar dan kencangkan senar 1 hingga mendapatkan ketegangan senar yang cukup, artinya jangan terlalu kendor juga jangan terlalu kencang untuk menghindari putus senar (dalam hal ini kira-kira saja karena kita tidak memiliki tuner atau alat musik standar yang dapat dijadikan patokan nada). Setelah kita rasakan cukup pada langkah pertama berarti kita sudah mendapatkan nada pada senar 1 yang dapat dijadikan patokan untuk menyelaraskan senar 2.
  2. Langkah selanjutnya kita tinggal menyamakan suara (nada) senar 2 dengan senar 1 dengan cara, tekan senar 2 pada posisi fretboard kelima, sambil ditekan bunyikan dan samakan bunyi nada senar 2 dengan bunyi nada senar 1 tanpa ditekan / dilepas, dengarkan secara seksama sampai mendapatkan suara yang sama dan terkesan satu suara (pada saat menyamakan nada senar 2 jangan merubah atau memutar tuning keys senar 1, karena nada senar satulah yang kita jadikan patokan awal). Setelah dirasa sudah sama, berarti kita sudah mendapatkan senar 1 dan 2 yang sudah tune (stem) dan kita tinggal lanjut langkah berikutnya.
  3. Langkah ketiga adalah sama dengan langkah no.2, kita tinggal menyamakan suara (nada) senar 3 dengan nada senar 2 hanya saja yg berbeda pada saat menyamakan suara senar 3, kita menekan senar 3 pada posisi fretboard keempat bukan kelima, dan senar 2 dalam keadaan dilepas / tidak ditekan lalu samakan nadanya. Setelah dirasa sudah sama suara senar 3 dengan senar 2, berarti kita sudah mendapatkan senar 1,2 dan 3 yang sudah tune dan mari lanjut ke tahap selanjutnya.
  4. Langkah keempat adalah sama dengan tahap-tahap sebelumnya, pada saat menyamakan suara senar 4 dengan suara senar 3, senar 4 kita tekan pada posisi fretboard kelima dan senar 3 kita bunyikan dalam keadaan dilepas / tidak ditekan. Setelah dirasa sudah sama suara yang dihasilkan senar 4 dengan senar 3, berarti senar 1,2,3 dan 4 sudah tune dan lanjutkan dengan senar selanjutnya yaitu senar 5 dan 6.
  5. Langkah kelima sama dengan langkah no.4, tekan senar 5 pada fretboard kelima dan samakan nadanya dengan nada senar 4 dalam keadaan dilepas / tidak ditekan, setelah sama maka senar 5 juga sudah tune.
  6. Terakhir juga sama tekan senar 6 pada posisi fretboard kelima samakan nadanya dengan senar 5 dalam keadaan dilepas, setelah sama berarti semua senar sudah dalam keadaan tune (stem), maka "SELAMAT BERARTI ANDA SUDAH BISA MENYETEM GITAR SEKARANG". Namun jangan lupa walaupun kita telah berhasil menstem gitar kita, namun belum tentu setelan kita adalah setelan yang standar / sama nadanya dengan nada standar piano, tapi tidak perlu kecil hati minimal suara gitar kita sudah selaras saat kita gunakan untuk belajar / bermain gitar dan tanpa kita sadari kita sudah melatih kepekaan pendengaran kita terhadap nada.


                                                  "SELAMAT BERLATIH SEMOGA BERMANFAAT".


No comments:

Post a Comment