Tuesday, January 26, 2016

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN PADA GITAR

Sebelum kita mulai belajar bermain gitar, sebaiknya kita perlu mengenal lebih dulu alat yang akan kita pelajari atau mainkan agar mudah kedepannya di saat kita bertanya atau ingin membeli sesuatu yang berhubungan dengan sparepart gitar disaat ada kerusakan pada gitar kita. Yuk langsung aja kita cari tahu apa saja bagian-bagian yang ada pada gitar.


  


1.   HEADS : Adalah bagian kepala gitar yang biasanya memiliki bentuk yang bermacam - macam, pada kepala gitar ini biasanya terdapat merk gitar dan pada kepala gitar ini terdapat tuning keys dan machine heads walaupun ada merk tertentu yang tidak memiliki kepala seperti gitar merk STEINBERGER meletakan tuning keysnya pada bagian tremolo.

2.   TUNING KEYS : Bagian yang dapat diputar untuk mengatur tinggi rendahnya nada pada senar (stem) sesuai dengan keinginan kita.

3.   MACHINE HEADS : Bagian penyangga senar (string) yang diatur oleh tuning keys.

4.   NUT / LOCK : Tempat pijakan senar bagian atas. Pada gitar yg menggunakan tremolo model up down pada bagian nut ini juga terdapat LOCK untuk mengunci senar agar tidak mudah berubah stemannya pada saat dimainkan.

5.   FRET : Fret adalah bagian yang penting dalam menentukan bunyi suatu nada dimana setiap posisi fret memiiki nada yang berbeda.

6.   FRET BOARD / FINGER BOARD : Adalah tempat dimana jari menekan senar untuk mendapatkan  nada yang diinginkan.

7.   STRAP BUTTON : Berfungsi sebagai pengait tali sabuk (strap) agar dapat menyangga gitar disaat main gitar pada posisi berdiri.

8.   PICKUP : Adalah bagian yang berfungsi menangkap nada berupa getaran dari senar yg dirubah menjadi sinyal elektrik dan kemudian disalurkan ke system suara.

9.   PICKGUARD : Sebuah bahan laminasi yang berguna untuk melindungi gitar dari goresan pick sekaligus dapat dijadikan penutup material gitar bagian dalam.

10.  HANDLE : Tuas untuk menaik turunkan nada, pada tuas handle ini sang gitaris dapat memainkan tehnik gitar seperti tehnik vibrasi untuk menghasil suara yg bergetar.

11. STRINGS (SENAR) : Adalah bagian penghasil getaran suara yg dibunyikan dengan cara dipetik,dibetot,dislap dsb.

12.  SELECTOR SWITCH :  Adalah bagian yang berfungsi memilih jalur pickup yang akan digunakan karena masing masing jalur pickup mempunyai karakter suara yang berbeda. 

13.  CONTROL KNOBS : Berfungsi untuk mengatur volume dan mengatur tone

14.  TREMOLO : Berfungsi sebagai pengait senar dimana pada tremolo terdapat lubang handle.

15.  BODY : Badan gitar, pada badan gitar ini bnyak terdapat bagian - bagian gitar seperti pickup,tremolo, selector switch dll.






No comments:

Post a Comment